Bali Zoo hadirkan satwa tapir asia sambut libur Lebaran

    Kami menyambut kedatangan satwa baru yakni tapir asia yang saat ini dapat dilihat langsung

    Gianyar, Bali (ANTARA) – Kebun binatang Bali Zoo di Kabupaten Gianyar, Bali menghadirkan satwa tapir asia (tapirus indicus) kepada wisatawan sebagai koleksi terbaru menyambut libur panjang Lebaran 2024.

    “Kami menyambut kedatangan satwa baru yakni tapir asia yang saat ini dapat dilihat langsung,” kata Kepala Hubungan Masyarakat Bali Zoo Emma Kristiana Chandra di Desa Singapadu, Gianyar, Bali, Rabu.

    Pengunjung dapat mengamati gerak gerik satwa pemalu yang memiliki suara unik dan nyaring seperti bersiul dan merupakan satwa yang gemar memakan dedaunan dan buah-buahan.

    Kehadiran satwa berwarna khas hitam putih yang banyak ditemukan di Sumatera itu menambah koleksi di pusat konservasi dan edukasi Bali Zoo menjadi total 600 satwa dengan lebih dari 65 spesies berbeda.

    Saat ini, satwa yang memiliki bentuk badan menyerupai badak atau babi itu terancam punah dan masuk daftar merah oleh Uni click here Internasional untuk Konservasi Alam (IUCN) dan dilindungi oleh pemerintah Indonesia berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 7 tahun 1999.

    Emma menambahkan selain kehadiran satwa unik, pihaknya juga menyiapkan tambahan beberapa fasilitas menyambut lonjakan pengunjung saat musim libur panjang Idul Fitri 2024.

    Penambahan itu di antaranya dua loket pengunjung sehingga menjadi delapan loket dari awalnya hanya enam loket tiket pengunjung.

    Tak hanya itu, pengaturan khusus di area parkir juga dilakukan yang dimaksimalkan hingga mendekati pintu masuk agar dapat menampung kendaraan lebih banyak berkapasitas total 222 mobil, 53 motor dan 15 bus.

    Bali Zoo memproyeksi kunjungan meningkat hingga 100 persen saat libur panjang Lebaran 2024 dari jumlah pengunjung saat hari biasa yang mencapai 800-1.000 orang dan 1.200-1.500 orang pengunjung saat akhir pekan.

    Ada pun persentase pengunjung yakni 50 persen adalah warga negara asing dan 50 persen merupakan pengunjung domestik dan lokal.

    “Kami proteksi kunjungan libur panjang Lebaran naik hingga 100 persen bahkan melampaui pengunjung 2.500 orang,” katanya.

    Tidak ada kenaikan harga tiket saat momentum libur Lebaran tersebut dengan harga tiket untuk pengunjung domestik mencapai Rp140 ribu untuk dewasa dan Rp100 ribu untuk anak-anak.

    Sedangkan untuk warga negara asing (WNA) harga tiket mencapai Rp395 ribu untuk dewasa dan Rp280 ribu untuk anak-anak.

    “Untuk turis domestik kami sediakan beberapa program khusus dengan menggandeng beberapa bank,” kata Emma.

    Bali Zoo memiliki koleksi baru yakni satwa terancam punah tapir asia (tapirus indicus) menyambut libur panjang Lebaran 2024 di Desa Singapadu, Kabupaten Gianyar, Bali, Rabu (10/4/2024). ANTARA/HO-Bali Zoo/Dewa Wiguna

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *